Breaking News

Tuesday, October 01, 2024

Paatikan Kesehatan WBP Baru, Lapas Kelas IIA Bukittinggi Adakan Pemeriksaan


FS. Bukittinggi (SUMBAR)-Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bukittinggi senantiasa mengutamakan untuk menjaga kondisi kesehatan para Warga Binaannya. 


"Selaku Tahanan dan Narapidana tetap diutamakan kesehatan seperti saat di luar Lapas, terbukti banyak rutinitas Tahanan maupun Narapidana yang pergi ke Klinik Lapas Kelas IIA Bukittinggi dengan  berbagai macam keluhan demam dan sakit yang dirasakan oleh Warga Binaan" ujar Kalapas Herdianto,Amd.IP,SH,M.Si, Selasa (01/10/2024).


Setiap Tahanan dan Narapidana yang dipindahkan  dari Polresta dan Kejaksaan, juga yang dari Rutan maupun Lapas lain diwajibkan untuk diperiksa kembali kesehatannya di Klinik Lapas Bukittinggi supaya riwayat penyakit maupun penyakit yang di derita Warga Binaan bisa dideteksi sedini mungkin, supaya tidak menular ke Napi lainnya. 


Selain itu lanjut Kalapas Herdianto,  jika penyakit sudah diketahui dari asik pemeriksaan maka Petugas Lapas bisa segera mengambil langkah cepat untuk melakukan pengobatan  sampai sehat kembali. 


"Selain itu setiap Warga Binaan yang sakit di kamar terlebih dahulu memberi tahu dan minta izin ke Petugas di pos di blok masing-masing setelah itu baru pergi ke klinik untuk diperiksa dan diberikan obat. Tapi untuk penyakit yang harus ditangani oleh rumah sakit dan Dokter Spesialis maka akan di bawa keluar berobat rutin sesuai SOP penanganan penyakit maupun administrasi Surat- menyuratnya" jelas Andika.



KPLP Abdul Silaban, SH juga menambahkan bahwa seluruh Warga Binaan selalu diwajibkan membiasakan  pola hidup sehat.


"Untuk membantu Warga Binaan menerapkan Pola Hidup Sehat ini maka setiap hari jajaran pengamanan selalu mengontrol  kebersihan setiap Blok Hunian sebelum dilakukan Serah Terima Regu Pengamanan supaya lingkungan bersih dan kamar bersih. maka Warga Binaan bisa senantiasa  hidup sehat" tambahnya.


Dr. Wati selaku Dokter yang bertugas di  Klinik Lapas Kelas IIA  Bukittinggi mengatakan,  penyakit yang banyak dialami Warga Binaan adalah penyakit flu, batuk, tensi tinggi maupun rendah, sakit gigi dan penyakit kulit atau gatal-gatal. (D19/Red)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!