Breaking News

Tuesday, October 22, 2024

Pemko Padang Lakukan Sejumlah Langkah Strategis Tekan Inflasi


FS.Padang(SUMBAR)-
Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Perikanan dan Pangan daerah tersebut terus berupaya untuk mengendalikan inflasi daerah. Sejumlah upaya telah dilakukan untuk menekan angka inflasi di Ibu Kota Provinsi Sumbar itu.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Alfiadi menjelaskan sejumlah aksi yang telah dilakukan untuk menekan angka inflasi di antaranya melaksanakan Penguatan Cadangan Pangan Pemerintah, tercatat CPPD Kota Padang sampai Oktober 2024 sebesar 111,98 ton.

"Selain itu, juga melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM) dalam mengurangi gejolak harga komoditas pangan, kemudian melaksanakan sidak satu kali seminggu  terhadap ketersediaan dan pasokan pangan di pasar-pasar," katanya, Selasa (22/10/2024).

Ia menambahkan, dalam menekan angka inflasi juga telah melakukan  kerjasama dengan daerah penghasil bahan pangan untuk kelancaran pasokan. Selain itu juga memberikan bantuan kepada 45.908 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada tanggal 4 hingga 11 Oktober lalu.

"Kemudian melakukan pelatihan kepada pelaku usaha pangan lokal dalam mendorong berkembangnya produk olahan pangan lokal untuk meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi olahan pangan lokal," paparnya.

Dikatakannya, pihaknya juga berkomitmen untuk menyiapkan berbagai langkah ke depannya  dalam mengendalikan inflasi di Kota Padang dengan melakukan sidak secara kontinu, menggeliatkan Gerakan Pangan Murah (GPM),  sekaligus memperkuat kerja sama dengan daerah penghasil pangan.  

"Tak hanya itu juga disalurkan bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), memperpendek mata rantai jalur distribusi pangan sehingga harga tetap stabil,"jelasnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan pekarangan untuk ketersediaan pangan keluarga dan mengajak untuk stop boros pangan.

"Sehingga diharapkan dengan langkah-langkah tersebut dapat menekan angka inflasi di Kota Padang," harapnya. (MA/Taufik).

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!