Breaking News

Thursday, October 10, 2024

Perpustakaan Pengayoman Lapas Bukittinggi Ramai Dikunjungi Warga Binaan



FS. Bukittinggi (SUMBAR),-"Penjarakanlah Aku Tapi dengan Buku karena dengan Membaca Aku Merasakan Kebebasanku".


Kata-kata tersebut dikutip dari Tokoh Dr. Drs. H. Muhammad Hatta. Jadi suatu bangsa untuk lebih maju maka harus dengan banyak membaca dan bekerja keras di manapun tempat dan waktunya, termasuk di dalam pemasyarakatan pun harus lebih banyak membaca supaya bisa lebih banyak pengetahuan, lebih bijak lagi kedepannya dan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang harus dihindari supaya tidak terulang lagi perbuatan salah sehingga setelah dinyatakan bersalah oleh Hakim dan di pemasyarakatan maka setiap Warga Binaan harus tetap meluangkan waktu agar waktu selama di pemasyarakatan tidak terbuang percuma.

Selain itu  tujuan pemasyarakatan bisa terlaksana dengan baik.


Demikian diantaranya disampaikan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Bukittinggi Herdianto, Amd, IP, SH, M.Si, Kamis (10/09).


Maka  Daria itu lanjut Kalapas Herdianto, Lapas Kelas IIA Bukittinggi selalu menggalakkan   budaya membaca bagi Warga Binaannya.


Untuk menunjang budaya membaca, Lapas Bukittinggi telah mempunyai Perpustakaan Pengayoman yang dikelola oleh Petugas Lapas.


"Banyaknya antusias Warga Binaan yang setiap hari membaca di Perpustakaan Pengayoman  maupun yang meminjam buku untuk dibaca di Kamar Hunian merupakan suatu apresiasi dan kebanggaan bagi Petugas Lapas Bukittinggi. Ini sangat bagus karena semakin banyak Warga Binaan membaca maka semakin  tenang dan nyaman Lapas Kelas IIA Bukittinggi, serta terjauh dari kenakalan atau pelanggaran yang terjadi" tambah KPLP Abdul Silaban, SH.


"Seperti kata bijak dari Albert Einstein "Ilmu akan membuat hidup lebih mudah" tambahnya lagi.


Di perpustakaan pengayoman Lapas Kelas IIA Bukittinggi kls  saat ini sudah memiliki  lebih kurang 300 Judul Buku.


"Kedepannya akan diupayakan untuk terus menambah koleksi Judul Buku maupun jumlahnya,  agar Warga Binaan tidak bosan dengan buku yang ada dan bisa lebih bervariasi pilihan buku yang akan dibaca" kata Kasi  Binadik Nova Herman, SH.


Perpustakaan Pengayoman Lapas Kelas IIA Bukittinggi selain dikelola oleh Petugas Lapas dibantu dijaga  oleh satu orang Tamping (Tahanan Pendamping) sebagai perpanjangan tangan Petugas dalam  mengelola Perpustakaan Pengayoman tersebut.


"Jadi setiap hari  dibersihkan dan dicatat buku-buku apa saja yang digemari Warga Binaan juga siapa yang meminjam buku supaya buku-buku di perpustakaan bisa terjaga dan bermanfaat besar buat Warga Binaan" pungkasnya. (D19/Red)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!