Breaking News

Tuesday, October 15, 2024

Persiapan Operasional Sentra IKM, Dinas Nakerin Tanah Datar Gelar Pelatihan Pendampingan ISO 9001 dan HACCP

FS. Tanah Datar (SUMBAR), -  Persiapan untuk menjalankan operasional Sentra Industri Kecil Menengah  (IKM)   Holtikultura Kabupaten Tanah Datar,  Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Nakerin) Tanah Datar kembali menggelar pelatihan. 


Pelatihan yang dilaksanakan  Minggu -Kamis (13-17/10/2024) ini merupakan lanjutan dari pelatih sebelumnya dan  diikuti oleh 40 orang peserta yang terdiri dari Kelompok IKM, Kelompok Wanita Tani (KWT), Kelompok Tani (Poktan) serta Pelaku Usaha, IKM maupun IMKM yang ada di Tanah Datar. 


Pelatihan  ini dibagi menjadi 2 Kelompok yaitu Sosialisasi Persiapan Dokumen ISO 9001 yang dipusatkan di Gedung Promosi dan Pusat Oleh-Oleh  Batusangkar serta Pendampingan Persiapan Dokumen GMP dan HACCP yang dipusatkan di Gedung PKK Tanah Datar. Pelatihan ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik PK2SKIM Kementrian Perindustrian (Kemenperin) RI Tahun 2024.


Kepala Dinas Nakerin Tanah Datar Drs. Suhermen pada saat meninjau Peserta Pelatihan mengatakan bahwa Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan untuk menjalankan Sentra IKM Holtikultura yang saat ini masih berlangsung pembangunannya di Nagari Lawang Mandailing, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar.


Suhermen katakan jika semua tahapan berjalan sesuai dengan perencanaan, Insya Allah awal Januari 2025 Sentra IKM Holtikultura Tanah Datar sudah bisa beroperasi.


Pada kesempatan itu Drs. Suhermen juga menekankan 4 hal penting kepada peserta pelatihan yaitu: 

1. Peserta pelatihan diharapkan betul-betul maksimal dan mensyukuri bahwa kita adalah peserta yang terpilih dari sekian peserta yang ada;

2. Peserta Pelatihan yang berjumlah 40 orang ini nantinya yang akan membentuk kepengurusan, membentuk kelompok yang akan konsen dalam menjalankan Sentra IKM Holtikultura  Tanah Datar;

3. Kelompok Nyang terbentuk akan dibagi menjadi beberapa bagian-bagian atau Devisi -Devisi, jadi diharapkan bisa bertanggung jawab penuh dan menjalankan tugasnya masing-masing sesuai dengan SOP yang akan berlaku  di Sentra;

4. Menetapkan dengan jelas produk apa saja yang akan diproduksi di Sentra IKM Holtikultura.


Drs. Suhermen juga katakan saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar sedang berupaya melakukan proses untuk legalisasi dan perizinan Sentra IKM Holtikultura  Kabupaten Tanah Datar.


Sementara Kabid Perindustrian Dinas Nakerin Tanah Datar Wilda Anas, SE berpesan kepada peserta pelatihan  agar mengikuti kegiatan pelatihan dengan serius dan sungguh-sungguh .


"Serap ilmu sebanyak-banyaknya karena nantinya ilmu yang didapat selama Bapak/Ibu mengikuti pelatihan ini yang nantinya akan diterapkan dalam menjalankan operasional di Sentra. Berhasil atau tidaknya Sentra IKM kita nantinya berada di tangan Bapak/Ibu semua" pungkasnya. (D19/Red)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!