Breaking News

Thursday, October 03, 2024

Produksi Sabun dan Detergen, Salah Satu Program Pembinaan Ketrampilan di Lapas Bukittinggi


FS. Bukittinggi (SUMBAR),- Dalam rangka pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)  Lapas Kelas IIA   Bukittinggi melakukan  kegiatan pembinaan  keterampilan, salah satunya pembuatan berbagai macam sabun yang langsung  dikerjakan oleh para Warga Binaan.


Kalapas Kelas IIA Bukittinggi Herdianto, Amd.IP, SH, M.Si  Kamis (03/10) menjelaskan, Program Pembinaan Ketrampilan di Lapas Kelas IIA Bukittinggi ada beberapa macam diantaranya Pembuatan Sandal Hotel, Mantel dan Sabun.


"Sabun yang dibuat langsung digunakan oleh Warga Binaan di dalam Lapas, sepeti sabun cuci piring , sabun cuci kain (detergen) untuk keperluan laundry yang ada dalam Lapas. Selain digunakan oleh Warga Binaan kita di dalam Lapas juga hasil karya Warga Binaan ini juga dipasarkan ke luar Lapas serta menjadi  buah tangan bagi keluarga WBP yang berkunjung" tambah Fazni Aziz, S.sos, MH, selaku Petugas Pembimbing dan Pengawas Narapidana dalam mengerakkan kegiatan keterampilan pembuatan sabun dan parfum.


Ilham Pandra, Kepala Pengamanan Lapas  juga selalu aktif dan  giat memberikan arahan supaya prodak sabun yang di produksi oleh WBP Lapas Bukittinggi bisa bersaing di pasar di luar  Lapas.


"Beberapa prodak yang diproduksi sekarang diantaranya sabun cuci kain cair, sabun cuci piring, pembersih lantai, pembersih kloset, parfum kain loundri dan lain-lain"jelas Ilham Pandra.


Sementara KPLP  Abdul Silaban, SH mengatakan akan selalu  mendukung kegiatan pembinaan keterampilan  supaya setelah bebas dan kembali ke tengah-tengah masyarakat para Warga Binaan Pemasyarakatan bisa mengembangkan diri dan ketrampilan yang diperoleh selama menjalani pembinaan di Lapas Bukittinggi.


" Kita berharap dengan bekal ketrampilan yang kita berikan, WBP kita nantinya bisa mengembangkan  ilmu keterampilan yang mereka dapat selama di dalam Lapas untuk bisa menghidupi ekonomi diri sendiri dan keluarganya, sehingga terhindar dari perbuatan kaji dan melanggar hukum lagi" tukasnya. (D19/Red)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!