Breaking News

Sunday, October 20, 2024

Sekmen Pemilih Pemula, Jadi Sasaran PPK Sungai Pagu Saat Cafe Demokrasi

Camat Sungai Pagu, Ibrahim, Ketua PPK Sungai Pagu Sudirman, Ketua Panwascam Amroni, Divisi PPK Sungai Pagu, PPS, KPPS dan pemilih Pemula Kecamatan Sungai Pagu foto bersama usai Cafe Demokrasi, Sabtu (19/10/2024). Foto Afrizal Amir

FS.Solok Selatan(Sumbar)
- Sekmen Pemilih Pemula menjadi sasaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sungai Pagu saat kegiatan Cafe Demokrasi yang dilaksanakan di Cafe Puncak Langik, Sabtu (19/10/2024).

Kegiatan yang juga dihadiri pejabat publik, Camat Sungai Pagu, Ibrahim, SH, pegawai Sekretariat KPU Solsel, Edo Candra dan Okfitrianto, Ketua PPK Sudirman, Divisi Teknis Yongki Valentino, Divisi Data Sri Mulyani, Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, Delas Maridi, Divisi Hukum Elga Maria Efita, dan Ketua Panwascam Sungai Pagu, Amroni tersebut menjadi santai ketika didaulatnya Camat Ibrahim melanjutkan suara emasnya.

Ketua PPK Kecamatan Sungai Pagu, Sudirman kepada Fokussumatera.com menjelaskan, bahwa saat kegiatan itu, pihaknya memanfaatkan Sekmen pemilih pemula untuk menjadi pihak yang akan dapat melanjutkan sosialisasi untuk turut serta dalam mensukseskan Pilkada Serentak 2024 dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Bupati dan Wakil Bupati Solsel itu.

" Kita ingin menjadikan pemilih pemula di kecamatan Sungai Pagu ini betul-betul memanfaatkan hak dekorasinya dalam menentukan pemimpin saat Pilkada Nanti," harapnya.

Bahkan dirinya juga mendorong para pemilih pemula untuk dapat melengkapi berbagai syarat untuk bisa memanfaatkan hak suaranya saat Pilkada 27 November 2024 nanti. Sehingga para pemilih pemula akan bisa membuat sejarah lahirnya pemimpin yang betul-betul sesuai hati nurani mereka, " terangnya.

Dengan beramai-ramai datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dimana saudara/saudari terdaftar dengan membawa surat C pemberitahuan dan KTP elektronik.

Jagan sampai tidak mempergunakan hak pilih. Karena lanjut Sudirman ini adalah sejarah pertama kita di Indonesia pemilihan umum serentak di seluruh Wilayah NKRI ini.

" Kegiatan Cafe Demokrasi yang kira gelar hari ini menghadirkan lebih kurang 70 orang peserta, dari eksternal dan internal," jelasnya.

Artinya, dari eksternal kita menghadirkan 2 orang pemilih pemula dari setiap nagari yang ada di Kecamatan Sungai Pagu, plus dari Panwascam, dan dari internal menghadirkan, PPS, dan KPPS se-Kecamatan Sungai Pagu.

Camat Sungai Pagu, Ibrahim dikesempatan itu, menitip pesan pada penyelenggara Pilkada untuk dapat mewujudkan pesta demokrasi yang damai, aman dan lancar.

Pihak bertekad akan memberikan dukungan penuh untuk berbagai tugas penyelenggara Pilkada agar dapat terlaksana dengan baik.

Masalah netralitas, Ibrahim berjanji akan tetap berpegang teguh pada aturan dan ketentuan yang berlaku, termasuk seluruh ASN yang menjadi tanggungjawab ia sebagai koordinator di Kecamatan.

" Pilkada serentak ini jangan sampai dinodai dengan cara pemaksaan, ancaman dan intimidasi. Kontrol untuk seluruh perangkat nagari tetap saya lakukan," ujar Ibrahim.

Pada kegiatan tersebut, Divisi Data PPK Kecamatan Sungai Pagu, Sri Mulyani memaparkan jumlah pemilih tepat / DPT di Kecamatan Sungai Pagu berjumlah sebanyak 24093 dari jumlah 58 TPS, 1 TPS Loksus (Rutan) di 11 Nagari yang ada di Kecamatan Sungai Pagu.

Sri Mulyani juga mengajak para pemilih pemula untuk dapat menyiapkan kelengkapan diri agar bisa mempergunakan gak suara saat Pilkada, dengan membuat E-KTP. 

Termasuk untuk mengajak pemilih pemula yang belum memiliki KTP-el atau yang belum rekam KTP agar datang saat car free day, Minggu (20/10/2024) di RTH Muara labuh.

Dikesempatan itu, Panwascam juga menyampaikan beberapa hal yang menjadi pelanggaran saat Pilkada yang harus menjadi perhatian para pemilih pemula, termasuk masalah money politik yang dapat merugikan pelaku dan penerima," jelas Amroni. (Af)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!