Breaking News

Tuesday, October 15, 2024

Tingkatkan Pemahaman Masyarakat, Nagari Dusun Baru Tapan Pessel Gelar Pelatihan PHBS dan Promkes

                                    15 Oktober 2024

FS.Pessel(SUMBAR)- Untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya hidup bersih dan sehat, Pemerintah Nagari (Pemnag) Dusun Baru Tapan, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), selenggarakan pelatihan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Promosi Kesehatan (Promkes).

Kegiatan yang digelar, Jumat (11/10) lalu itu, dihadiri Camat Basa Ampek Balai Tapan, Samwil, Wali Nagari Dusun Baru Tapan, Dedi Candra, Kepala UPT Puskesmas Tapan, Elfrina Mirna, dan berbagai stakeholder terkait lainnya di Kecamatan itu.
 
Camat Basa Ampek Balai Tapan, Samwil, mengatakan kepada media ini Selasa (15/10) bahwa pihaknya terus memberikan dorongan kepada semua nagari di kecamatan itu agar menjadikan kebersihan sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari.

"Sebab dengan memiliki gaya hidup bersih itu, maka kualitas kesehatan masyarakat secara umum akan meningkat. Harapan dan dorongan ini tidak saja saya sampaikan kepada masyarakat Nagari Dusun Baru Tapan, tapi pada semua masyarakat di kecamatan ini," katanya.

Dikatakan juga bahwa pemerintah nagari memiliki peran yang sangat besar dalam mendorong budaya hidup bersih bagi masyarakatnya.

"Makanya saya sangat mengapresiasi pelatihan PHBS dan Promkes yang diselenggarakan oleh nagari itu. Dan berharap ini juga dilakukan oleh nagari lainnya di kecamatan ini," harapnya.

Wali Nagari Dusun Baru Tapan, Dedi Candra, ketika dihubungi mengatakan bahwa kemudahan akses informasi yang bisa didapatkan oleh masyarakat saat ini, akan sangat membantu dalam melakukan perubahan perilaku di masyarakat.

"Namun perubahan perilaku itu adalah dalam hal positif, seperti dari yang selama ini mengabaikan hidup bersih, menjadi bersih. Agar bisa tercapai maksimal, sehingga kita di nagari ini melakukan pelatihan PHBS dengan melibatkan semua komponen yang ada di nagari," ujarnya.

Dijelaskan Dedi lagi bahwa pengertian PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi. Sehingga keluarga dan seluruh anggotanya, mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan, serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

"Jadi pelatihan ini bertujuan untuk memberikan motivasi serta bimbingan kepada masyarakat untuk selalu hidup bersih dan sehat," timpalnya.(*)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!