Breaking News

Friday, October 18, 2024

Usai di Vaksin 4 Orang Siswa SD Alami Pusing dan Demam

Puskesmas Sungai Limau, Lading Sektor Vaksin di SD N 27. Kec. Sungai Limau 




FS. Padang Pariaman --- 4 orang murid Sekolah Dasar nomor 27 Kecamatan Sungai Limau, Padang Pariaman, Sumbar, mengalami demam, pusing, usai menjalani vaksin human papillomavirus (HPV) melalui program Bulan Imunisasi Anak Sekolah atau BIAS.


Salah satu orang tua murid meminta namanya di rahasiakan mengatakan, anaknya setelah mendapat vaksin melalui sekolah menderita demam.

“Anak saya pulang sekolah bercerita kepada saya, bahwa dia telah disuntuik di sekolah pada hari ini Jumat Oktober 2024. Yang ia rasakan usai disuntik itu mengalami deman dan meriang,” sebut orang tua murid Jum'at sore (18/10/2024).


Ia menyebutkan, yang dialami anaknya itu juga di alami oleh teman-teman di lokal kelas VI.

“Ada 3 orang teman lainya mengalami demam, pusing, dan meriang,” sebut dia.

Menurutnya, tindakan yang dilakukan oleh tim medis di sekolah tersebut dalam pemberian suntikan kepada anaknya tanpa persetujuan dari orang tua murid.

“Padahal saya telah menolak pemberian suntikan yang diberikan kepada anak saya. Namun, pihak medis dari Puskesmas di daerah itu tetap berupaya memberikan suntikan kepada anak saya,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan orang tua Fioni, dirinya tidak pernah mengetahui adanya program yang akan dilakukan di sekolah untuk anaknya itu.

“Saya mengetahui adanya suntikan vaksin itu, setelah melihat anak saya mengalami demam. Padahal, saya tidak mengetahui sama sekali dengan program tersebut. Sekiranya saya tau vaksin itu, belum tentu saya memberikan izin kepada anak saya untuk di vaksin,” sebut dia.

Di tempat terpisah, Kepala Sekolah SD nomor 27 Kartina mebenarkan adanya program pemerintah di sekolah itu.

“Benar ada program kesehatan untuk murid SD 27. Program tersebut telah dilakukan kepada murid kelas VI,” sebut Kartina.

Ia menyebutkan, ketika pelaksanaan program itu dilakukan dirinya telah memberikan arahan dan masukan kepada murid dan tenaga medis yang akan melaksanakan program itu.

Artinya, pihaknya telah memberikan saran kepada tenaga medis, bahwa ada beberapa orang tua murid yang menolak program ini. 

Namun, pihak medis berhasil melakukan tugasnya dengan memberikan vaksin kepada murid kelas VI.

“Pada saat pelaksanaan vaksin itu, saya kebetulan ada kegiatan kedinasan di luar sekolah. Setelah saya kembali, pihak medis memberi tau saya, bahwa program yang di lakukan disekolah itu telah berhasil dengan memberikan vaksin kepada murid kelas VI,” sebut dia.

Diakui, salah satu orang tua murid mendatangi dirinya terkait pemberian vaksin itu.

Bahwa orang tua murid itu menceritakan anaknya setelah di vaksin mengalami demam.

“Benar salah satu orang tua murid medatangi saya guna menanyakan permasalahan anaknya. Kami dari sekolah telah memberi tau kepada tenaga medis yang datang ke sekolah itu, bahwa ada beberapa orang tua murid menolak untuk di vaksin,” sebut dia.

“Saya sudah katakan kepada tenaga medis, ada beberapa orang tua murid yang menolak anaknya untuk di vaksin,” tegas dia.

Sementara pihak puskemas di daerah itu ketika dihubungi, berjanji akan memberikan jawaban permasalahan ini kepada media pada hari Sabtu (19/10) besok pagi.

Diketahui, 4 orang murid kelas VI SD nomor 27 Kecamatan Sungai Limau yang mengalami demam, pusing, meriang itu, yaitu Azel, Sahira,Fioni, dan Delia. Hingga kini, Ke empat murid itu mendapat perawatan dan pengawasan dari orang tua masing-masing. (rel)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!